Selasa, 29 November 2011

Jam Pendatang !!






Sebagai mana yg kita tau Merek jual Chris Verra,Expedition,Swiss Army,dll .sebenarnya masih banyak lagi merek-merek baru yg tidak ketahuan asal usulnya. Berikut ini saya menulis tinjauan kritis mengenai merek-merek tersebut bukan dalam rangka mendiskriditkan atau sekedar mencari sensasi bukan! namun lebih kearah penyebarluasan informasi agar anda para pencinta jam tidak sampai menjadi korban.


Merk boleh baru tapi apakah terdaftar??
Memang idealnya jika membeli arloji itu merek yg sudah terkenal macam seiko,mido,tissot dsb namun jika sudah bicara model maka kadang tinjauan mengenai merek jadi tidak berarti mengapa? ya jam itu bicara selera bung! biarpun dari merk terkenal namun jika tidak berkenan dihati pasti enggan membeli (betul apa betul?). Sehingga tidak jarang kita melirik merek baru asal modelnya keren dan “sreg” dihati, rupanya hal inilah peluang yg terbaca dikalangan pedagang arloji untuk mendatangkan bahkan tidak jarang membuat sendiri merek-merek arloji.
Sebuah merek yg bonafit pada umumnya adalah merek dagang yg terdaftar (regristered/trade mark) satu contoh GUESS merupakan pendatang baru di industri arloji namun merek GUESS itu sendiri sudah terdaftar jauh lebih lama dibandingkan arloji GUESS. Mengapa merek paten menjadi sesuatu yg penting dibahas? menurut hemat saya merk paten merupakan cerminan dari mutu produk itu sendiri siapa yg menyangkal kalau kita berbicara jam rasanya kurang afdol jika tidak bicara ROLEX (ya dikarenakan ROLEX merupan citra positif sebuah arloji:mutu tinggi,citra rasa bagus,nilai jual ulangnya stabil).
Itulah sebabnya merek selalu jadi hal penting jika kita berbicara soal arloji, lalu bagaimana sebuah merek baru bisa dipercaya lihatlah siapa dibelakangnya importir perorangan atau brand terkenal sederhana bukan?

SWISS MADE
Jangan mudah percaya pada kalimat “ini asli buatan swiss” kenapa? sebab banyak kali para pedagang arloji (khususnya merek baru) ngecap demikian agar kita terkecoh! SWISS MADE mengandung pengertian yg tidak sesederhana yg anda kira apa kalo sudah pakai mesin buatan swiss lalu bisa mencantumkan label dibawah angka “6″ swiss made? pengertian swiss made memiliki artian bahwa arloji tersebut dibuat diswiss pengertian dibuat itu adalah: “dari sejak rancang bangun hingga jadi, lalu kontrol/QC dilakukan diswiss oleh lembaga/pabrikasi terpercaya disana”
Jadi merek AC yang menggunakan mesin RONDA tidak berarti bisa menyebut dirinya swiss made (apalagi hanya pakai RONDA yg nota bene rakitan thailand).
Mesin-mesin buatan swiss dapat dibeli dalam jumlah banyak, bukan monopoli orang perorang kalau anda mau juga bisa beli jangankan RONDA mesin sekaliber vouljox 7750 saja bisa lalu kita pasang disebuah casing yg kita juga dapat pesan,dial yg kita beri merek sendiri lalu kita distribusikan sendiri dengan mengambil pola managemen agen resmi selesai jadilah kita pemilik merek (ini banyak terjadi dikalangan merek-merek baru yg tidak jelas asal usulnya).

MERK YG TIDAK JELAS LEBIH DARI PALSU
Kalau palsu menurut pengertian saya adalah merek terkenal namun mutu/kwalitasnya tidak sebagaimana aslinya contoh ROLEX smua kita tahu kehebatanya namun ROLEX REPLIKA tentu tidaklah sama persis dengan ROLEX sesungguhnya. Itu baru dibilang palsu! batasanya jelas, namun merek-merek baru ini tidak jelas dibilang palsu meniru siapa,dibilang asli mutunya yg karuan bilang swiss nyata-nyata buatan china/hongkong (parahnya lagi terdiri dari berbagai nagara casing/dial buatan china, mesin buatan japan/swiss assembling).
Jadi mereka ini meski masuk daftar ‘black list’ untuk anda yg memang gemar arloji dalam arti yg sesungguhnya bukan cuman sekedar alat penunjuk waktu semata.

MEREK PATEN TAPI STANDAR MUTU RENDAH
Beberapa merek yg beredar diindonesia tidak jarang memang merek resmi/asli seperti LEVI’S,dsb namun dengan standar mutu rendah satu contoh LEVI’S adalah arloji digital buatan china asli dengan palsunya sama-sama buatan china. 

KESIMPULAN
Pada akhirnya kembali keputusan ditangan anda tatkala hendak membeli arloji mau model keren dari merek yg nggak paten atau merek paten model nggak keren. Kalau keputusan yg kita ambil dengan pengertian sesudah mencermati berbagai pertimbangan ya itulah yg namanya bijak.!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar