Jumat, 09 Desember 2011

Beda Cara Kerja Mesin Jam Tangan

1. Kinetic
Jadi di jam tangan itu ada baling2/bandul (Rotor) yang jam nya kalo kita goyang2 ada bunyinya. Nah rotor itu berfungsi mengalirkan energi yang dihasilkan dari pergerakannya masuk ke satu alat penampung energi yang dinamakan kapasitor. Nah dari kapasitor inilah semua kebutuhan energi jam tangan kita berasal.

2. Automatic
Dibagi 2, menjadi handwinding dan self winding.

 2.1 Hand winding itu kita muter crown jam nya dan puteran jari kita itulah yang menghasilkan energi si jam untuk berkinerja. Umumnya jam-jam low-middle yang pake handwinding ini energinya bisa tahan antara 24-48 jam, kalo yang high end tentu lebih lama lagi periodenya.
2.2 Self winding itu jam kita hanya mengandalkan pergerakan rotor yang ada, rotor tentunya bergerak dari pergerakan pergelangan tangan kita dan menghasilkan energi yang kan dimanfaatkan buat mekanisme jam kita.Jaman sekarang banyak jam ditemui dengan self winding saja (seperti jajaran seiko diver low end) dan handwinding saja. Dan ada juga yang memiliki fungsi keduanya.Fungsi ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan akurasi
.

 
 3. Quartz, seluruh kinerja jam kita berasal dari baterai, dan tentunya baterai memiliki usia pakai yang harus diganti per periode.

4. Eco drive, adalah sistemnya Citizen di mana pergerakan mekanisme jam nya menggunakan tenaga cahaya (baik cahaya buatan maupun cahaya matahari). Cahaya tersebut ditangkap oleh solar sel di bawah lapisan dial, lalu diubah menjadi energi elektrik.


3 komentar:

  1. wow menarik sekali pembahasannya
    main2 juga ya kesitus saya
    makasih
    ajid-watch.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sdh main keblog ente,gmn kalo saling link2an,nnti saya link blog anda,sebaliknya dgn anda melink blog saya, thanks

      Hapus
  2. menurut agan lebih awet mana antara jam tangan automatic dan solar powered?

    BalasHapus